Taukah Anda, Inilah Tradisi Unik Yang Ada Di Indonesia

Taukah Anda, Inilah Tradisi Unik Yang Ada Di Indonesia

Setiap negara - negara di dunia ini pasti memiliki tradisi dan juga kebudayaan yang beragam. tak jarang dari beragam nya kebudayaan akan tercipta sebuah tradisi - tradisi dan keunikan - keunikan dalam melaksanakan tradisinya. seperti halnya dengan bangsa indonesia yang terdiri dari banyak suku bangsa. indonesia dikenal mempunyi beragam tradisi yang unik. keadaan ini didukung dengan keadaan geografis indonesia yang terdiri dari pulau pulau dari sabang sampai merauke yang menambah keragaman budaya.

untuk anda yang ingin mengetahui apa saja tradisi yang mempunyi keunikan di indonesia? langsung saja, berikut ini adalah beberap tradisi yang unik di Indonesia.

Ngaben (Bali)
Taukah Anda, Inilah Tradisi Unik Yang Ada Di Indonesia

bagi anda yang sudah pernah berwisata ke Bali mungkin saja anda pernah mendengar tentang tradisi unik asal pulau dewata yaitu Ngaben. Tradisi Ngaben adalah sebuah prosesi upacara yang dilakukan umat hindu yang berada di bali yang bertujuan untuk mensucikan roh - roh dari jahat yang telah meninggal. upacara ngaben adalah prosesi pembakaran jasat orang yang sudah meninggal. tradisi ngaben ini diyakini bertujuan untuk pengembalian roh orang yang sudah meninggal ke tempat asalnya (surga).
menurut kebudayaan hindu orang yang sudah meninggal akan dikembalikan kepada wisnu, brahma, syiwa yang merupakan dewa dalam umat hindu.


Rambu Solo (Toraja)
Taukah Anda, Inilah Tradisi Unik Yang Ada Di Indonesia

masyarakat Tana Toraja mempunyi tradisi upacara adat yang sangat populer yaitu Rambu Solo. Rambu solo merupakan upacara prosesi pemakaman yang dilakukan oleh masyarakat toraja. masyarakat toraja percaya bahwa tanpa upacara penguburan ( Rambu Solo) maka arwah orang yang telah meninggal dunia akan membawa kemalangan dan kesialan kepada orang - orang dan kerabat yang ditinggalkanya. upacara rambu Solo merupakan rangkaian kegiatan adat yang sangat rumit dan membutuhkan banyak sekali biaya. dalam mempersiapkan nya pun hingga berbulan - bulan.
dalam kepercayaan Toraja mempunyai prinsip bahwa semakin tinggi jenasah di letakan maka semakin cepat arwahnya untuk sampai ke surga.

keunikan dalam upacara ini adalah penyembelihan kerbau dalam jumlah banyak yang dijadikan sebagai kurban. dan prosesi pemotongan kerbau merupakan suatu atraksi yang sangat khas di tanah toraja dengan menebas leher kerbau dengan pedang dalam sekali ayunan.


Fahombo (PUlau Nias)
Taukah Anda, Inilah Tradisi Unik Yang Ada Di Indonesia

fahombo atau bisa juga disebut dengan lompat batu merupakan salah satu tradisi unik yang terdapat di indonesia. tradisi lompat batu ini berasal dari pulau sumatra tepatnya  pulau nias. acara fahombo atau lompat batu ini sebetulnya merupakan ritual budaya sebagai simbol kedewasaan bagi para pemuda nias. untuk dapat melakukan lompatan yang sempurna biasanya para pemuda nias melakukan latihan dengan terus - menerus. dan jika pemuda di nias telah bisa melompati batu yang tersusun tinggi dengan sempurna itu berarti pemuda tersebut dinyatakan telah dewasa dan telah matang secara fisik. dan pemuda yang berhasil melompati rintangan batu tersebut dapat dapat memasuki tahap pernikahan dan juga diangkat menjadi barisan pelindung desa jika terjadi konflik.


itulah beberapa ulasan seputar tradisi unik yang ada di indonesia. dan sebenarnya masih banyak tradisi - tradisi uni yang terdapat di tanah air tercinta Indonesia ini. seprti halnya tradisi potong jari yang ada di Papua, tradisi Satu Suro dari Jawa, dan masih banyak tradisi unik lainya yang terdapat di republik ini. sekian artikel singkat ini semoga bisa menambah pengetahuan dan wawasan kita semua..

0 Response to "Taukah Anda, Inilah Tradisi Unik Yang Ada Di Indonesia"

Posting Komentar